TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2015

SUATU STUDI TENTANG PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DESA TOBE KECAMATAN TOBELO SELATAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Penulis

  • Ratnasari Paraisu

Abstrak

Pemberian otonomi daerah member ruang bagi desa-desa terpencil sekalipun mulai memandirikan desanya, yang tak bisa terlepas dari kemandirian dalam melayani masyarakat setempat. Desa harus bisa member pelayanan maksimal terhadap warganya yang kemudian akan memberi citra baik atau buruk terhadap aparatur desanya dalam hal pelayanan publik. Selama ini bentuk pelayanan publik masih jauh dari harapan, mulai dari sistem pelayanan yang berbelit-belit, alur birokrasi yang masih kurang jelas, apalagi dengan biaya yang dikenakan aparat desa serta waktu pengurusan dokumen-dokumen kependudukan yang cukup lama meresahkan warga desa. Oleh karena itu dirasa perlu untuk diteliti, digambarkan realitanya serta dicari solusi penyelesaiannya sehingga kerja pelayanan publik yang dikerjakan aparat Desa Tobe selama ini bisa diketahui sendiri oleh para pemberi layanan dan juga oleh warga desa sendiri.

Unduhan

Diterbitkan

2015-08-03

Terbitan

Bagian

Artikel