Transparansi Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Tahun 2015

  • Ratnasari Paraisu

Abstract

Pemberian otonomi daerah member ruang bagi desa-desa terpencil sekalipun mulai
memandirikan desanya, yang tak bisa terlepas dari kemandirian dalam melayani masyarakat
setempat. Desa harus bisa member pelayanan maksimal terhadap warganya yang kemudian akan
memberi citra baik atau buruk terhadap aparatur desanya dalam hal pelayanan publik. Selama ini
bentuk pelayanan publik masih jauh dari harapan, mulai dari sistem pelayanan yang berbelit-belit,
alur birokrasi yang masih kurang jelas, apalagi dengan biaya yang dikenakan aparat desa serta
waktu pengurusan dokumen-dokumen kependudukan yang cukup lama meresahkan warga desa.
Oleh karena itu dirasa perlu untuk diteliti, digambarkan realitanya serta dicari solusi
penyelesaiannya sehingga kerja pelayanan publik yang dikerjakan aparat Desa Tobe selama ini bisa
diketahui sendiri oleh para pemberi layanan dan juga oleh warga desa sendiri.

Published
2015-08-31