PERSEPSI PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI SULAWESI UTARA TAHUN 2015

Penulis

  • Rini Patasaka Universitas Pembangunan Indonesia

Abstrak

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur rovinsi Sulawesi Utara dilaksanakan pada 9 Desember 2015 secara serentak di lima belas wilayah Kabupaten/Kota, termasuk Kota Manado. Data rekapitulasi jumlah pemilih tetap Pemilukada tahun 2015 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan bahwa jumlah pemilih pemula di Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 45.086 jiwa, yang terdiri dari 22.762 jiwa berjenis kelamin laki-laki dan 22.324 jiwa berjenis kelamin perempuan. Dengan kata lain, jumlah pemilih pemula tersebut mencapai 2,33% dari total pemilih tetap ketetapak KPU yakni 1.939.132 pemilih. Pemilih pemula ini termasuk didalamnya siswa/siswi Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah/sederajat, seperti anggota OSIS di SMK Perintis Manado yang berusia antara 17-19 tahun. Walaupun berusia muda dalam memutuskan memilih kandidat yang mencalonkan diri bertarung pada arena Pilkada, siswa/siswi ini bisa digolongkan sebagai rasional voters. Hal ini nampak dari cara mereka menjaring informasi politik mengenai calon/kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Cara untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini yaitu dengan prosedur purposive sampling dengan total informasn berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dan informasi mencakup tiga poin penting yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang ada cenderung terfokus pada bentuk kampanye, dialog serta debat terbuka. Oleh karena itu, dirasa perlu bagi pasangan kandidat untuk memaksimalkan bentuk-bentuk kampanye yakni dengan memanfaatkan media elektronik seperti memasang iklan di televise, adio, serta media sosial lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

2015-08-03

Terbitan

Bagian

Artikel