HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD TRIKORA SALAKAN

Penulis

  • Irene Fernatubun Universitas Pembangunan Indonesia

Kata Kunci:

Response Time Kepuasan Pasien

Abstrak

Response time adalah waktu yang dibutuhkan pasien untuk mendapatkan pertolongan yang sesuai dengan kegawatdaruratan penyakit sejak memasuki pintu Instalasi Gawat Darurat. Kepuasan pasien ditentukan oleh pelayanan yang diperoleh dari tenaga kesehatan. Tujuan penelitian dari penelitian ini yaitu diketahui ada hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Trikora Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional yaitu rancangan penelitian dengan melakukan pengukuran atau pengamatan pada saat bersamaan atau sekali waktu. Populasi pada penelitian ini adalah 30 pasien yang datang di IGD RSUD Trikora Salakan. Jumlah sampel pada penelitian ini 30 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Data analisis secara statistik dengan uji Chi Square didapat nilai p value sebesar 0.000 dengan demikian p value lebih kecil daripada nilai 0.05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak maka ada hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Trikora Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin cepat response time perawat terhadap pasien di Instalasi Gawat Darurat maka akan lebih meningkatkan kepuasaan pasien

Diterbitkan

2024-02-06

Cara Mengutip

Fernatubun, I. (2024). HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD TRIKORA SALAKAN. Journal Of Community & Emergency, 10(1). Diambil dari https://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/524