HUBUNGAN PERAN DOSEN PEMBIMBING DENGAN KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI TUGAS AKHIR SKRIPSI DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN INDONESIA MANADO
Kata Kunci:
Peran Dosen Pembimbing, Kecemasan, Skripsi.Abstrak
Tuntutan terbesar mahasiswa adalah pada saat tahap semester akhir mahasiswa wajib menyelesaikan tugas akhir. Kesulitan menentukan judul, sulit mencari refrensi, kurangnya data-data pendukung, administrasi yang belum selesai, waktu penelitian yang terbatas menjadi masalah bagi mahasiswa yang sedang meyelesaikan tugas akhir. Dalam pembelajaran karakterisasi disebuah perguruan tinggi tidak lepas dari peran seorang dosen. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan peran dosen pembimbing dengan kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Pembangunan Indonesia Manado.
Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sampel 45 responden.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil uji peran dosen pembimbing aktif dengan kecemasan berat sebanyak 24 (53,3%), aktif dengan kecemasan ringan 5 (11,1%), aktif dengan kecemasan sedang 7 (15,6%), uji peran dosen pembimbing kurang aktif dengan kecemasan berat 4 (8,9%), kurang aktif dengan kecemasan ringan 2 (4,4%), kurang aktif dengan kecemasan sedang 3 (6,2%). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Spearman di peroleh nilai p-value = 0,043 lebih kecil dari nilai α = 0,05, berarti H0 ditolak.
Penelitian ini menyimpulkan ada Hubungan Peran Dosen Pembimbing dengan Kecemasan Mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir Skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Pembangunan Indonesia Manado. Kiranya mahasiswa dapat termotivasi bahwa skripsi merupakan suatu amanah pendidikan yang harus diselesaikan dengan baik dan dengan tepat waktu.