PENGARUH EFEKTIFITAS TERAPI BERMAIN FLASHCARD TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS DI SLB NAZARETH MANADO

Penulis

  • DELINDRA MANGAWUHI Fakultas Keperawatan

Kata Kunci:

Bermain Flashcard, Interaksi Sosial anak autis

Abstrak

Beberapa masalah sering dijumpai pada anak usia pra sekolah yaitu belum mampu berbicara dengan jelas, penguasaan kosa kata relatif sedikit, bicara cedel (kesalahan artikel saat mengucap huruf), sulit memahami perintah, hambatan dalam sosialisasi dan kurang aktif. Faktor penyebab yang mempengaruhi perkembangan pada anak dibagi menjadi faktor instrinsik (dari diri anak) dan ekstrinsik (dari lingkungan). Kasus autis di masih banyak terjadi di dunia, namun individu dengan autisme diperkirakan sudah semakin meningkat. Tujuan Penelitian yaitu diketahui Pengaruh Efektifitas Terapi Bermain Flashcard Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Autis Di SLB Nazareth Tuminting Manado.

Penelitian ini adalah penelitian jenis pra eksperimen tanpa kelompok kontrol (one group pretest-post test design) jenis penilitian ini yaitu penelitian kuantitatif waktu pada bulan Januari 2022 dan tempat penelitian di Sekolah Luar Biasa Kelurahan Tuminting. Jumlah responden sebanyak 22 responden dan teknik pengambilan sampel yaitu teknik pengambilan totalpopulsi Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik “ uji-T berpasangan (paired t-test)” dengan derajat kepercayaan 95% bila α < 0,05

Hasil penelitian diperoleh anak sebelum diberikan terapi Flascard interaksisosial anak paling banyak kurang baik, setelah diberikan terapi Flascard maka interaksi social anak lebih banyak baik selanjutnya nilai P value = 0,000 sedangkan nilai α = 0,05 sehingga hasil uji paired samples test t nilai sig. (2-tailed) tailed adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest yang artinya ada Pengaruh Efektivitas terapi bermain Flashcard terhadap interaksi sosial pada anak autis di SLB Nasareth Tuminting Manado Kota Manado.

Kesimpulan dari hasil penelitian pemberian terapi flascard sangat dibutuhkan pada terapi interaksi sosial pada anak autis. Saran dalam Penelitian ini yaitu Penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan bagi pengelolah dimana terapi Flascard perlu dikembangkan pada anak didik penderita autis dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan serta melatih anak dalam melakukan komunikasi, berbicara/menirukan, mengenal huruf dan angka serta dapat meningkatkan kontak mata.

Diterbitkan

2024-01-19

Cara Mengutip

MANGAWUHI, D. (2024). PENGARUH EFEKTIFITAS TERAPI BERMAIN FLASHCARD TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS DI SLB NAZARETH MANADO. Journal Of Community & Emergency, 8(2). Diambil dari http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/411