HUBUNGAN KECEMASAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SDN INPRES 3/77 SALIBABU
Kata Kunci:
kecemasan, prestasi belajar, pembelajaran tatap mukaAbstrak
Covid-19 di Indonesia mulai menurun dan sebagian masyarakat sudah mendapat vaksin Covid-19. Kementrian Pendidikan membuat surat edaran baru tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka tahun akademik 2021/2022 dengan pembelakuan protokol kesehatan yang ketat. Tujuan penelitian mengetahui hubungan kecemasan pembelajaran tatap muka masa pandemi Covid-19 terhadap prestasi belajar siswa kelas v dan vi di SDN Inpres 3/77 Salibabu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain menggunakan pendekatan cross-sectional study dimana variable independent dan variabel dependen dapat diukur secara bersamaan dalam waktu bersamaan. Populasi 30 orang dengan sampel menggunakan total populasi. sampel pada penelitian ini berjumlah 30 sampel. Hasil penelitian diperoleh bahwa kecemasan responden yang paling banyak yaitu kecemasan sedang berjumlah 19 responden (63.3%). Serta diketahui bahwa prestasi belajar pada responden yang paling banyak adalah prestasi belajar baik berjumlah 19 responden (63.3%).
Hasil penelitian dengan menggunakan chi square test di peroleh nilai ρ-value = 0,003 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Berarti H0 ditolak maka ada hubungan kecemasan pembelajaran tatap muka masa pandemi Covid-19 terhadap prestasi belajar siswa kelas V dan VI di SDN Inpres 3/77 Salibabu. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ada hubungan kecemasan pembelajaran tatap muka masa pandemi Covid-19 terhadap prestasi belajar siswa kelas V dan VI di sekolah dasar. Sehingga disarankan SDN Inpres 3/77 dari penelitian ini adanya keterbukaan komunikasi siswa dalam mata pelajaran yang belum dipahami agar dijelaskan kembali.