HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP YEHESKIEL DAN HANA RUMAH SAKIT UMUM GMIM PANCARAN KASIH MANADO

Penulis

  • Adi Mamahit Universitas Pembangunan Indonesia
  • Semuel Kumajas Universitas Pembangunan Indonesia
  • Prycilia Natalia Zimry Regar

Abstrak

Penilaian kinerja merupakan alat yang paling dapat dipercaya oleh manajer perawat dalam mengontrol sumber daya manusia dan produktivitas. Proses penilaian kinerja dapat digunakan secara efektif dalam mengarahkan perilaku pegawai dalam rangka menghasilkan jasa keperawatan dalam kualitas dan volume yang tinggi. Kepuasan pasien merupakan nilai subyektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan Penelitian Diketahui hubungan kinerja perawat dengan kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Yeheskiel dan Hana Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado Jenis penelitian yaitu deskriptif analitik, waktu pada bulan Juni 2018 dan tempat penelitian di Rumah sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% bila <0,05. Hasil penelitian terdapat hubungan kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Penelitian ini dijadikan bahan masukan bagi kepala-kepala ruangan di Ruang Rawat Inap Yeheskiel dan Hana Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM Manado dalam memberikan penghargaan bagi perawat yang berprestasi. Memberikan penghargaan baik dalam bentuk pujian maupun pendelegasian tugas dan tanggung jawab lebih sebagai bentuk penghargaan atas prestasi kerja.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Mamahit, A., Kumajas, S., & Regar, P. N. Z. (2019). HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP YEHESKIEL DAN HANA RUMAH SAKIT UMUM GMIM PANCARAN KASIH MANADO. Journal Of Community & Emergency, 7(3), 345–358. Diambil dari http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/231