HUBUNGAN RESPONTIMEPERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT DAERAH SANANA KABUPATEN KEPULAUAN SULA

Penulis

  • Verra Karame Universitas Pembangunan Indonesia
  • Sartina Husain

Abstrak

Response time ( waktu tanggap ) adalah kecepatan dalam penanganan pasien dihitung sejak pasien datang sampai dilakukan penanganan. Kepuasan sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya. Tujuan penelitian diketahui terdapathubungan Respon Perawat Time Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di IGD RSD Sanana Kabupaten Kepulauan Sula. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 38 responden yang diambil secara total sampling. Penelitian telah dilaksanakan di Di IGD RSD Sanana Kabupaten Kepulauan Sulapada bulan juni 2018. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, kuesioner dan lembar observasi yang di bagikan kepada responden. Kemudian dianalisis secara deskriptif, korelasi menggunakan uji chi square. Hasilpenelitianterdapat 21 responden (55.3%) yang mengatakan respon time perawat lambat atau waktu tanggap diatas 5 menit, 17 responden ( 44.7%) yang mengatakan respon time perawat cepat atau dibawah 5 menit, 22 responden (57.9%) yang mengatakan kurang puas dengan dengan pelayanan yang diberikan, dan 16 responden (42.1%) yang mengatakn puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil analisis chi-square dengan nilai signifikan =0.000<0.05).

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-30

Cara Mengutip

Karame, V., & Husain, S. (2019). HUBUNGAN RESPONTIMEPERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT DAERAH SANANA KABUPATEN KEPULAUAN SULA. Journal Of Community & Emergency, 7(1), 66–76. Diambil dari http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/205