HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS LIKUPANG TIMUR KECAMATAN LIKUPANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA UTARA

Penulis

  • Semuel S. Kumajas Universitas Pembangunan Indonesia
  • Christanty V. Patutang

Abstrak

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan keperawatan. Pelayanan Keperawatan yang bermutu merupakan pelayanan yang manusiawi yang diberikan kepada klien, memenuhi standar profesi keperawatan, sesuai dengan standar biaya dan kualitas yang diharapkan puskesmas serta mampu memenuhi kepuasan dan harapan klien.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap Di Puskesmas Likupang Timur Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien yang dirawat di ruang rawat inap Puskesmas Likupang Timur Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara yang ditentukan dengan menggunakan metode total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden. Data dianalisa dengan menggunakan uji statistic chi-square dengan tingkat kemaknaan 95% (α) : 0,05. Berdasarkan hasil uji statistic dengan menggunakan chi-square diperoleh nilai ρ-value = 0,001 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Berarti H0 ditolak maka ada Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Likupang Timur Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara.

Unduhan

Diterbitkan

2018-08-30

Cara Mengutip

Kumajas , S. S., & Patutang, C. V. (2018). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS LIKUPANG TIMUR KECAMATAN LIKUPANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA UTARA. Journal Of Community & Emergency, 6(2), 135–143. Diambil dari http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/186