Hubungan antara Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara
Abstrak
Kepuasan pasien merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pelayanan keperawatan, didalam pelayanan sering terjadi ketidak puasan pasien karena kurangnya perhatian dari rumah sakit atau tenaga keperawatan terhadap pasien rawat inap. Hal ini dapat dilihat dari sikap perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien yang tidak sesuai dengan kebutuhan dari pasien tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan hubungan Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di ruangan rawat inap RSUD Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik deskritif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalani atau mendapatkan perawatan kesehatan yang sudah dirawat selama 3 hari atau lebih dan sampel yang digunakan sebanyak 82 pasien. Instrumen yang digunakan kuesioner. Untuk melihat hubungan antara variable pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan keperawatan dengan kepuasan Pasien terdapat hubungan yang signifikan.