HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI IRINA C2 RSUP PROF DR R. D KANDOU MANADO
Abstrak
Caring merupakan perwujudan dari semua faktor yang digunakan perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada klien, caring juga menekankan harga diri individu, artinya dalam melakukan praktik keperawatan, perawat senantiasa selalu menghargai klien dengan menerima kelebihan maupun kekurangan pasien. Pelayanan keperawatan bermutu berorientasi pada klien sehingga klien dapat mencapai tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diterima..Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Irina C2 RSUP Prof Dr. R.D Kandou Manado. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien yang dirawat di ruang C2 RSUP. Prof. DR. R. D. Kandou Manado.yang ditentukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 responden. Data dianalisa dengan menggunakan uji statistikchi-square dengan tingkat kemaknaan 95 % (α) : 0,05. Berdasarkan hasil uji statistic dengan menggunakan chi-square diperoleh nilai ρ-value = 0,001 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Berarti H0 ditolak maka ada Hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Irina C2 RSUP Prof Dr. R.D Kandou Manado. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah caring perawat di ruang C2RSUP. Prof. DR. R. D. Kandou Manado sebagian besar masih kurang baik .kepuasan pasiendi ruang C2 RSUP. Prof. DR. R. D. Kandou Manado sebagian besar Responden merasakan puas dengan pelayanan keperawatan. Ada Hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Irina C2 RSUP Prof Dr. R.D Kandou Manado.