Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Medical Center Paal 2 Kota Manado
Abstrak
Kualitas memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kepuasan pasien menggunakan jasa Rumah Sakit merupakan cerminan hasil dari mutu pelayanan kesehatan yang diberikan di Rumah Sakit. Pelayanan tersebut dapat berupa interaksi dengan pelayanan medis, pasien, atau sistem pelayanan kesehatan secara keseluruhan baik itu dari administrasi, keuangan, serta tenaga kesehatan. Tujuan umum penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Medical Center Paal 2 Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel 32 pasien rawat inap ≥ 1x 24 jam dan bersedia menjadi responden. Analisis data mengunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap.