Journal Of Community & Emergency

Penulis

  • Junita D. Paniilan
  • Verra Karame Universitas Pembangunan Indonesia
  • Semuel S. Kumajas Universitas Pembangunan Indonesia

Abstrak

Pelayanan yang berkualitas dapat dikatakan jika telah memberikan kepuasan untuk pasien.Kepuasan pasien adalah suatu tingkat yang membandingkan hasil – hasil produk atau yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. Ketidakpuasan pasien berkaitan dengan kerja perawat karena perawat banyak menghadapi permasalahan langsung dengan pasien, disisi lain pelayanan yang baik dari perawat sangat dibutuhkan pasien, karena dapat membantu penyembuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan pelayanan tenaga perawat dengan kepuasan pasiendi RSUD Mala Kabupaten Kepulauan Talaud. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross sectional.Waktu Penelitian Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2015Tempat Penelitian Penelitian ini telah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Mala Kabupaten Kepulauan Talaud. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien yang berkunjung di Rumah Sakit sebanyak 33 responden, yang ditentukan dengan menggunakan total populasi sehingga sampel pada penelitian ini yaitu 33 responden. Data dianalisa dengan menggunakan uji statistik chi squar edengan tingkat kemaknaan (α) : 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Talaud.

Unduhan

Diterbitkan

2015-05-30

Cara Mengutip

Paniilan, J. D., Karame, V., & Kumajas, S. S. (2015). Journal Of Community & Emergency. Journal Of Community & Emergency, 3(1), 38–43. Diambil dari http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/104